01 Februari 2013

Dampak Negatif Mengkonsumsi Makanan pada Larut Malam


Dampak Negatif Mengkonsumsi Makanan pada Larut Malam

WiMiU – Mungkin sebagian orang banyak berfikir ketika kita memakan makanan pada larut malam akan menambah berat badan dan ukuran pinggang. Tetapi ternyata kebiasaan yang seperti itu dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh kita.
Mengasup makanan yang banyak mengandung kalori pada siang hari dapat memberikan kita tambahan energi yang cukup, dan juga mengendalikan nafsu makan serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tetapi jika makanan yang mengandung banyak kalori kita makan pada malam hari, maka itu akan fatal dan berakibat sebaliknya.
Berikut 3 dampak negatif mengkonsumsi makanan jika terlalu malam:

1. Kualitas Tidur

Kualitas TidurSaat Anda merasa lapar diwaktu tengah malam, jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung cairan seperti milshake atau sup agar mencegah supaya kita tidak buang air kecil saat tidur.
Hindari juga makanan dan minuman berkafein seperti kopi, coklat, serta makan dan minuman yang berenergi jika anda meminumnya hal ini akan menyebabkan pusing ringan di siang hari.
Sebagai penggantinya, seorang pakar dan ahli kesehatan bernama Dr. Timothy Morgenthaler menyuruh kita agar memakan cemilan yang berkadar susu rendah seperti oatmeal dan kita juga harus menghindari makanan yang pedas dan berporsi besar karena hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut anda.

2. Berat Badan

Berat BadanMengasup makanan pada larut malam dapat mengakibatkan berat badan menjadi naik. Walau tidak berpengaruh secara cepat. Menurut Erica Blackburg yang di wawancarai oleh ABC News, orang sering memilih es krim dan kripik untuk cemilan di malam hari.
Makanan seperti es krim dan kripik tinggi akan kalori, “ringan” dan rendah nutrisi. Hal ini tidak akan memberikan rasa kenyang dan akhirnya menyebabkan pengonsumsian secara berlebihan.
Jika Anda membatasi kalori pada esok hari untuk kompensasi, maka siklus makan ini akan terjadi lagi dan dapat menyebabkan berat badan Anda meningkat dengan drastis.
Sebenarnya, makanan yang mengandung kalori pada larut malam bisa meningkatkan kesehatan tubuh, tetapi hal ini hanya terjadi kepada mereka yang sedang sakit atau dalam perawatan medis serta nafsu makannya kurang.
Jika anda sedang sakit dan dalam perawatan medis, kami sarankan untuk memakan alpukat, keju, kacang-kacangan atau juga bisa makanan ringan olahan yang kaya akan kalori.

3. Heartburn dan Acid Reflux

Heartburn dan Acid RefluxAcid Reflux adalah suatu kondisi di mana asam pada lambung  naik ke kerongkongan setelah makan. Kondisi umum seperti ini biasanya  disertai dengan rasa nyeri seperti terbakar (heartburn) di bagian tengah dada dan rasa mules di perut.
Hal ini tidak terjadi setiap saat dan ini kita anggap sebagai ‘peringatan’ atas penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) yang kronis.
Menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse, berbaring setelah makan dapat memicu gejala GERD dan Acid Reflux.
Mengkonsumsi makanan tinggi lemak, berminyak atau asam terlalu banyak pada malam hari bisa meningkatkan resiko ini. Jadi, sebaiknya kita menghindari mengkonsumsi makanan pada tengah malam jika Anda rentan terhadap heartburn dan acid reflux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar