31 Oktober 2012

Sisi Positif dan Sisi Negatif Dunia Maya


Sisi Positif dan Sisi Negatif Dunia Maya


Ilustrasi dunia maya
Dunia maya adalah miniatur dunia nyata. Semua yang terjadi di dunia nyata tersaji juga di ruang siber. Bedanya, kejadian di dunia nyata tidak hanya terjadi di lingkungan sekitar melainkan di seluruh belahan dunia mana pun sedangkan di ruang siber semuanya tersaji di depan mata. 
Ya, melalui ruang siber kita bisa menyaksikan luasanya dunia hanya melalui sebuah layar kaca yang berukuran tidak lebih besar dari sebuah meja. Menakjubkan, bukan? Sungguh sedemikian hebantnyakah ruang siber tersebut? Ya, memang hebat. Bahkan ruang siber mampu memerankan dua karakter utama, yakni antagonis dan protagonis dalam jangka wakyu yang sama.
Dalam sebuah rumah yang sama bernama ruang siber, penggunanya bisa mendapatkan banyak sekali kebaikan dan manfaat di satu jendela, namun bisa mendapatkan banyak sekali keburukan di jendela yang lainnya. Kebaikan dan keburukan ruang siber seakan tak berjarak, hanya jendela-jendela sajalah yang memisahkannya.
Penggunanya mempunyai kewenangan penuh untuk memilih apa yang mereka butuhkan. Jika manfaat yang hendak mereka cari, maka mereka akan memilih sebuah jendela yang baik. Namun jika keburukan yang mereka cari, maka mereka pun akan memilih jendela yang tidak baik. Kendali ruang siber berada di tangan para penggunanya.

Memahami Dunia Siber

Dunia siber atau Cyberspace mengacu pada lingkungan non fisik diciptakan oleh komputer bergabung interoperating pada jaringan. Di dunia maya, operator komputer berinteraksi dengan cara yang mirip dengan dunia nyata, kecuali interaksi dunia maya tidak memerlukan gerakan fisik luar mengetik. Informasi dapat dipertukarkan secara real time atau waktu tertunda, dan orang-orang bisa berbelanja, berbagi, mengeksplorasi, penelitian, bekerja atau bermain. Internet membentuk lingkungan dunia maya terbesar, ibarat perumahan banyak sub-lingkungan di dalamnya. Ini termasuk World Wide Web (Web), USENET newsgroup, sosial media, dan Internet Relay Chat (IRC). Web adalah tujuan paling populer, yang terdiri dari jutaan situs web di mana pengunjung dapat menemukan apa pun. Ia juga dapat membuat situs pribadi untuk menjadi tuan rumah informasi, gambar, film, musik atau forum interaktif. Forum web memungkinkan orang untuk melakukan percakapan dalam antarmuka buletin-board-gaya. Pihak yang berminat menanggapi satu sama lain dengan mengirim komentar ke topik. Forum adalah publik dan merupakan cara yang sangat populer untuk bersosialisasi di dunia maya.
Newsgroup USENET dapat dibaca melalui website USENET khusus atau dengan pembaca berita. Newsgroup adalah mirip dengan sebuah forum Web, kecuali bahwa setiap newsgroup memiliki topik tunggal khusus. Ada lebih dari 100.000 newsgroup dan menghitung, sehingga orang dapat menemukan kelompok yang didedikasikan untuk hampir apa pun yang menarik. Dan sementara Web forum dan newsgroup keduanya baik untuk jangka pendek, komentar cerewet, newsgroup sangat baik untuk perdebatan panjang. Di dunia maya USENET seseorang dapat berbagi hobi, menemukan kelompok-kelompok dukungan, mendapatkan jawaban pribadi cepat untuk masalah hardware atau perangkat lunak, atau terlibat dalam sejumlah diskusi lainnya.
IRC adalah satu lagi dari bidang dunia maya internet yang menawarkan keuntungan interaksi percakapan antara operator komputer. Perbedaannya adalah IRC yang menawarkan real-time chatting. Dalam hitungan detik (atau milidetik) memukul tombol ENTER untuk mengirim jawaban, respon peserta muncul di publik IRC ini mirip dengan percakapan telepon pihak-line, kecuali membutuhkan mengetik daripada berbicara "chat room.". Instant Messaging (IM) mirip dengan IRC di bahwa itu adalah instan, dan email juga instan, meskipun pihak penerima mungkin tidak mengumpulkan mail segera. Akhir akhir ini IRC menjadi tidak semarak dulu, karena fasilitas sosial media juga mampu menyediakan ruang chat tersendiri.

Simulasi Online

Sementara semua lingkungan online dapat dianggap dunia siber, virtual reality mencerminkan definisi yang paling harfiah. Dalam bentuk dunia siberpeserta melihat ruang grafis aktual dan operator komputer berinteraksi dalam ruang itu sebagai "avatar" atau karakter. Satu dapat berjalan, berlari, terbang, membuat objek, membeli real estate virtual, toko pakaian atau item avatar dapat menggunakan, mengembangkan bisnis, membangun rumah atau galeri seni, berbicara dengan avatar lain, pergi menari, atau melakukan sejumlah kegiatan lainnya. Alam realitas virtual, seperti yang ditawarkan oleh Second Life, sangat menarik, banyak orang menemukan mereka kecanduan.
Permainan dapat menyajikan jenis virtual reality dikenal sebagai simulasi (Sims), atau lingkungan yang paralel kehidupan nyata dengan realisme mencolok. Sementara Second Life memiliki karakteristik fantasi, banyak permainan berusaha menjadi serealistis mungkin. Lainnya menggabungkan horor, seperti penjahat yang mengerikan. Secara teknis, permainan pemain tunggal tidak memenuhi syarat sebagai cyberspacekarena mereka tidak memiliki interaksi jaringan, tetapi definisi tersebut telah kabur dasarnya untuk memasukkan setiap lingkungan elektronik yang dihasilkan.
Kata "dunia maya" pertama kali muncul pada pemenang penghargaan William Gibson, Neuromancer (1984). Buku ini adalah kisah fiksi ilmiah futuristik tentang seorang hacker habis makan dari kebiasaan merusak, ketika ia tiba-tiba disewa untuk melakukan pekerjaan yang tampaknya mustahil untuk kompensasi ia tidak mampu menolak. Ironisnya (atau tidak), rincian futuristik banyak dalam kehidupan buku paralel modern, dan tentu istilah ini telah tertanam itu sendiri jauh di dalam budaya kontemporer.

Sisi Positif Ruang siber

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ruang siber menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan penggunanya. Beragam kebaikan dan manfaat bisa didapatkan dengan mudah. Untuk mengetahui segala kebaikan dan menfaat ruang siber tak perlu memakan banyak waktu atau biaya. Cukup dengan sekali klik dan masuki sisi positifnya, semua kebaikan dan manfaat itu akan disajikan ruang siber.
Apa saja manfaat serta kebaikan dari sisi positif ruang siber, berikut adalah beberapa di antaranya.
  • Ruang siber adalah gudangnya ilmu dan informasi.
  • Ruang siber adalah Pemilik perusahaan yang akan dengan senang hati membayar pengguna yang bekerja untuknya.
  • Ruang siber adalah dokter sekaligus obat terbaik untuk berbagai macam penyakit.
  • Ruang siber adalah jembatan penyambung tali silaturahmi seluruh umat manusia di dunia.
  • Ruang siber adalah alat transportasi termurah dan tercepat dari dan ke suatu tempat yang hendak penggunanya tuju

Sisi Negatif Ruang siber

Karena ruang siber merupakan miniatur dunia nyata, tentu saja bukan hanya sisi positif yang dimilikinya. Sisi negatif ruang siber pun banyak bisa dengan mudah menyapa penggunanya yang memang tidak berniat untuk mendapatkan sebuah manfaat positf.  
Seperti halnya dunia nyata dipenuhi oleh orang baik dan jahat, ruang siber pun demikian. Orang baik akan berada di sisi positif, sedangkan orang jahat akan berada di sisi lainnya, yakni sisi negatif.
Apa saja keburukan dari sisi negatif ruang siber, berikut adalah beberapa di antaranya.
  • Dunia adalah sarang kejahatan. Setiap orang bisa dengan mudah melakukannya di tempat ini.
  • Ruang siber adalah pemutus tali silaturahmi yang paling tajam.
  • Ruang siber adalah racun berbisa yang paling mudah menginfeksi pola pikir penggunanya, dan masih banyak lagi yang lainnya. 
Nah itulah ruang lingkup yang bisa Anda ambil dari dunia maya atau ruang siber. Sebenarnya pembahasan lebih lanjut bisa Anda telusuri lewat film film budaya pop, dari Impostor, matrix, Johny Mnemonic, dan lainnya.
Tolong SHARE
artikel ini
Nama:
Email:
Komentar:
    
Catatan : Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar