08 September 2012

Asal-usul Sepeda Low Rider


ASAL MULA SEPEDA LOW RIDER

Sepeda Low Rider! pasti pada tahu kan....?
Pertama kali di perkenalkan pada tahun 
1960ansepeda lowrider ini pertama kali di perkenalkan oleh The “custom” kingGeorge Barris, sebelum menemukan sepeda low rider, awalnya si Tuan King ini pekerjaanya adalah menceperkan mobil, Memang saat itu virus Mobil Low Rider sedang mewabah di kalangan anak muda di Amerika, Tetapi trend itu hanya bisa dirasakan oleh anak-anak muda dari keluarga kaya saja karena untuk membuat sebuah mobil low rider membutuhkan uang yang tidak sedikit, sementara anak-anak dari kalangan bawah hanya bisa melihat/melongo saja karena ketidakmampuan untuk memiliki mobil lowrider.

Melihat situasi seperti itu si King mendapatkan ide dengan mencoba membangun sebuah sepeda yang mengacu pada kesan low rider, untuk 
percobaan/eksperimen pertama kali si King menerapkan pada sepedanya. Mulailah si King ini memperkenalkan kreasinya dari situ bisa di tebak banyak anak-anak dari keluarga yang kurang mampu beralih berkreasi membuat sepeda low rider.

Melihat peluang trend 
sepeda LowRider yang mulai di gandrungi akhirnya pada tahun 1963 pabrik sepeda "SCHWIIN"untuk pertama kalinya mengeluarkan model revolusi baru “New Cruiser STING RAY", model ini dibuat mengacu pada model motor model dragster yang sedang trendi pada saat itu. Karena model tersebut nyaman di kendarai begitu juga dengan desainnya yg unik maka model tersebut menjadi booming dan digemari oleh anak-anak muda di Amerika.

Dikalangan sekelompok anak muda di daerah selatan Los Angeles Chicanos 
sepeda Low Rider banyak yang telah dimodifikasi seperti framenyaforknya di buat spring fork trus dikasih tambahan spion dan yang paling extreme adalahframe di buat lebih ceper/pendek lagi. Pabrikan sepeda Schwiin juga tidak mau kalah terinspirasi kaum latin yang suka"cling-cling", maka mereka menambahkan lapisan krom pada sepeda buatannya seperti mobil-mobil low rider.
Hingga saat ini di Indonesia telah banyak sepeda-sepeda 
Lowrider dan komunitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar